Gubernur Sulteng Paparkan Prestasi yang Dicapai kepada Para Kepala Desa

gNews.co.id – Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyapa seluruh kepala desa dalam sebuah pertemuan virtual pada Ahad (1/9/2024).

Pertemuan ini diinisiasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Sulteng.

Pertemuan ini berlangsung di ruang rapat Kadis Kominfosantik dan dihadiri oleh beberapa pejabat utama provinsi, dengan tujuan memperkuat komunikasi dan kolaborasi antara pemerintah provinsi dan desa-desa di seluruh Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Staf Ahli Gubernur Bidang Kesra Rohani Mastura, Kadis Kominfosantik Sudaryano Lamangkona, Kadis Kesehatan, Komang Adi Sujendra, Kadis Pendidikan Yudiawati Vidiana, Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Faidul Keteng, Kadis Pariwisata Diah Agustiningsih Entoh, Karo Administrasi Pimpinan Eddy N. Lesnussa, Karo Umum Suandi, dan Karo Administrasi Pembangunan dan Otonomi Daerah Dahri Saleh.

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura (Cudy) memaparkan sejumlah capaian penting yang telah diraih selama tiga tahun kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

Di antara prestasi yang disampaikan, penurunan angka kemiskinan ekstrem dari 3,02 persen pada 2022 menjadi 1,44 persen pada 2023 menjadi salah satu pencapaian yang dibanggakan.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga mengalami peningkatan dari 70,54 pada 2021 menjadi 71,66 pada 2023. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pun berhasil ditekan dari 3,49 persen pada 2023 menjadi 3,15 persenpada 2024.

Pertumbuhan ekonomi Sulteng pada 2023 juga menjadi sorotan, dengan mencatat angka 11,91 persen, menjadikannya yang tertinggi kedua di Indonesia.

Gubernur Rusdy Mastura juga menyoroti realisasi investasi yang mencapai 111,68 triliun rupiah, menempatkan Sulteng sebagai satu-satunya daerah di luar Jawa yang masuk dalam empat besar realisasi investasi tertinggi secara nasional.

Tingkat inflasi yang terkendali di angka 2,5 persen serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 900 miliar rupiah pada 2021 menjadi 2,184 triliun rupiah pada Juni 2024, menjadi bukti kesuksesan kebijakan ekonomi daerah.

Baca: Balon Gubernur Cudy Optimis Pemimpin Kembali Sulteng: Targer Kami Jelas, yaitu Menang

Komentar