Hidayat Mengaku akan Bangun Kembali Mall Tatura Palu: Sudah ada Investor yang Siap

gNews.co.id – Bakal Calon (Balon) Wali Kota Palu, Hidayat menegaskan komitmennya untuk membangun kembali Mall Tatura yang runtuh akibat gempa pada 2018.

Ia mengungkapkan bahwa sudah ada investor yang siap mendukung proyek tersebut jika dirinya terpilih pada Pilkada Kota Palu 2024.

“Sudah ada dua investor yang ingin bermitra untuk menanamkan modalnya dalam pembangunan Mall Tatura. Saya bertemu dengan mereka di Jakarta saat menjajaki dukungan partai politik,” ujar Hidayat, Rabu (11/9/2024).

Sebagai catatan, Hidayat telah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan kembali Mall Tatura pada 20 April 2020 saat dirinya masih menjabat sebagai wali kota Palu.

Proyek tersebut diproyeksikan menelan biaya sekitar Rp350 miliar, dengan PT Citra Nuansa Elok (CNE) sebagai pengelola, yang mendapatkan suntikan dana investasi sebesar Rp280 miliar. Mall ini ditargetkan rampung pada 2022.

“Saya tidak mungkin menggelar groundbreaking kalau tidak ada sumber dananya. CNE memiliki dana klaim asuransi hampir Rp90 miliar, ditambah dari investor. Rencana total Rp350 miliar untuk pembangunan 7 lantai,” katanya.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada aktivitas pembangunan yang terlihat di lokasi proyek di Jalan Emmy Saelan. Area tersebut kini tampak terbengkalai.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Palu berencana menggandeng Nusantara Halid Holding Group sebagai investor PT CNE untuk melanjutkan pembangunan mall ini.

Namun, pertemuan antara Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dengan pihak NH Holding pada September 2022 tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Hidayat menyayangkan bahwa pembangunan Mall Tatura terhenti setelah groundbreaking yang dilakukan empat tahun lalu. Ia menekankan pentingnya mall ini sebagai pusat ekonomi di tengah pasar tradisional, yang membantu menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

“Mall Tatura pernah menjadi kebanggaan masyarakat Palu. Setelah hancur karena gempa dan pembangunannya terhenti, banyak pedagang pasar yang mengeluh kepada saya. Keluarga-keluarga juga kehilangan pekerjaan,” jelas Hidayat.

Dia menambahkan bahwa banyak skema kerja sama dengan investor yang bisa dilakukan untuk membiayai proyek seperti ini.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur seperti Mall Tatura bisa saja mandek jika hanya mengandalkan APBD tanpa mencari sumber pendanaan lain.

“Pemerintah Kota Palu punya saham, tapi bukan untuk membangun. Jika masyarakat mempercayakan saya lagi sebagai wali kota, saya pastikan Mall Tatura akan dibangun kembali. Saya menjamin itu,” tandasnya.

Baca: Hidayat: Jangan Persulit Hak Masyarakat yang Belum Penuhi Kewajiban

Komentar