Ini 5 Jenis Sayuran Pelancar ASI

banner 468x60

gNews.co.id – Nutrisi yang diperlukan ibu menyusui memang akan lebih banyak dan kompleks. Sebab, apapun makanan yang dikonsumsi ibu menyusui, ini akan memengaruhi kesehatan bayi karena ASI adalah satu-satunya sumber nutrisi untuk bayi hingga enam bulan.

Akan tetapi, tidak sedikit ibu yang mengalami masalah terkait kurangnya produksi ASI. Masalah ini telah menjadi masalah umum di kalangan ibu menyusui, padahal, masalah ini dapat diatasi dengan mengatur pola makan sehat. Kegiatan ini bisa termasuk mengonsumsi makanan sehat pelancar ASI seperti sayuran pelancar ASI.

Jenis-Jenis Sayuran Pelancar ASI

Beberapa dari sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral, serta banyak mengandung zat yang dapat membantu produksi ASI. Oleh karena itu, sayuran ini diyakini dapat meningkatkan dan memperlancar produksi ASI yang sehat.

Berikut beberapa jenis sayuran pelancar ASI:

Wortel
Wortel tidak hanya bermanfaat bagi mata, tetapi juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Kandungan beta-karoten dan vitamin A yang tinggi dapat membantu ibu menyusui dengan memasok energi dan menjaga kualitas ASI mereka.

Selain itu, wortel memberikan fitoestrogen dan enzim yang mendorong perkembangan ASI. Wortel juga dikategorikan sebagai makanan galactagogue yang berarti dapat bermanfaat untuk memproduksi dan meningkatkan ASI.

Bawang Putih
Bawang putih telah populer karena manfaatnya oleh karena itu, sayuran ini biasa digunakan sebagai menu sehat untuk sebagian besar diet. Bawang putih juga merupakan makanan galactagogue yang dapat membantu ibu menyusui menghasilkan lebih banyak ASI.

Bayam
Bayam ternyata telah cukup banyak digunakan sebagai sayuran yang dapat membantu produksi ASI di beberapa negara. Bayam diketahui mengandung zat besi yang sangat baik untuk meningkatkan kadar zat besi. Kecukupan zat besi sangat penting bagi ibu menyusui karena kekurangan zat besi akan mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi.

Oleh karena itu, bayam menjadi makanan yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Selain itu, wanita yang mengalami pendarahan pascapersalinan dapat mengonsumsi bayam untuk mempercepat pemulihan.

Daun Kelor
Daun kelor nyatanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu menyusui. Sayuran dengan nama latin Moringa oleifera ini memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan flavonoid yang dapat membantu memperlancar produksi ASI. Selain itu, daun kelor mengandung banyak nutrisi lain, seperti kandungan zat besi 25 kali lebih banyak daripada bayam serta vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.

Ibu dapat memasukkan sayuran ini ke dalam menu makan siang atau sarapan. Ibu juga dapat mengonsumsi daun kelor minuman teh atau bentuk kapsul untuk mendapatkan khasiatnya.

Asparagus
Sayuran terakhir yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI adalah asparagus. Sayuran ini telah dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan produksi ASI sejak dulu. Asparagus dapat merangsang hormon laktasi yang bertugas dalam memproduksi susu.

Asparagus kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin K. Seperti yang telah diketahui, Vitamin A dan K dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Ibu bisa mengonsumsinya dengan mengukus sebentar asparagus atau tumis dalam wajan dengan sayuran lain untuk hidangan atau camilan yang lezat.(hd)

Komentar