Jalan ‘Buntu’ Menidak Pelaku Dugaan PETI Lobu-Lambunu Parigi Moutong, Begini Kata Dirkrimsus Polda Sulteng

gNews.co.id – Jalan Buntu penindakan dugaan aktivitas PETI di Desa Lobu dan Lambunu oleh pihak aparat penegak hukum yang dinilai sudah merugikan daerah serta lingkungan.

Hal itu dikemukakan tokoh pemuda Kabupaten Parigi Moutong Hengky Idrus A. Mappalinge yang menyoroti sikap abai Aparat Penegak Hukum (APH) mengenai dugaan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Lobu, Kecamatan Moutong dan Lambunu, Kecamatan Bolano Lambunu.

Bahkan kata Dia, jika benar bahwa dua pekan lalu tim dari Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Gakkum Seksi II Sulawesi Tengah-Sulawesi Barat (Sulteng-Sulbar) turun ke dua wilayah PETI tersebut, mengapa tidak ada pemberitahuan ke publik.

Tokoh pemuda Parigi Moutong yang Ketua Presidium Persatuan Nasional Aktifis 98 (PENA 98) Sulteng ini menyayangkan Tim Polda dan Gakkum tidak menindak menindak tegas para pemodal dan pelaku yang diduga terlibat PETI di Lobu dan Labunu.

“Kalau memang benar Tim Polda dan Gakkum sudah turun ke lokasi tambang ilegal di Lobu dan Lambunu mengapa tidak ada kabarnya apakah ditertibkan atau sudah menangkap pelakunya,” tegas Hengky kepada Tim Media, Rabu (4/9/2024).

Menurutnya, secara khusus masyarakat wajib tahu sejauh mana penindakan tegas aparat terhadap para pelaku, cukong-cukong, bahkan pihak tertentu yang diduga terlibat di dalamnya

Hengky menilai, jika Polda maupun Gakkum tidak menindak tegas pelakunya maka akan menimbulkan pertanyaan besar, ada apa dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di Sulteng.

Dia mengatakan dugaan aktivitas PETI di dua wilayah itu semakin sporadis dengan mambabat hutan, di mana jika di lihat dari air sungai Taopa yang keruh semakin menunjukkan bahwa potensi kerusakan alam semakin nyata di depan mata.

Bukan tidak mungkin jelas Hengky akan terjadi bencana banjir maupun longsor yang menelan korban jiwa seperti yang terjadi sebelumnya.

“Kita tidak menginginkan adanya bencana di sana, apalagi sampai menelan korban jiwa,” tandasnya.

Baca: Dugaan Aktivitas PETI di Moutong-Lambunu Kian Sporadis, Benarkah Tim Polda Sulteng dan Gakkum Terjun di Lokasi?

Komentar