Hal itu kata Dia, sudah menunjukan bahwa komitmen pemerintah daerah untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik semakin baik dari tahun ke tahun.
Olehnya, lanjut M. Najih, atas nama Pimpinan Ombudaman, Ia mengucapkan terima kasih kepada para gubernur, wali kota, dan bupati yang senantiasa memperhatikan peningkatan kualitas pelayanan publik di daerahnya masing-masing.
Acara yang dihadiri langsung oleh beberapa kepala daerah dan pimpinan lembaga kementrian itu berlangsung penuh hikmah.
Sementara, salam sambutannya Menkopolhukam, Mahfud memberikan apresiasi kepada Ombudsman RI.
Dia mengucapkan selamat kepada Ombudsman yang telah berhasil menyelenggarakan penilaian tersebut.
Menurutnya, memang perlu kolaborasi yang lebih intens bersama pemerintah sebagai penyedia layanan.
“Pemerintah harus selalu siap melayani masyarakat, bukan dilayani masyarakat. Untuk itulah pemerintahan dibentuk dan diselenggarakan,” jelas Mahfud.
Sosialisasi atas hak dan kewajiban masyarakat mengenai pelayanan publik wajib selalu digaungkan. Penilaian kepatuhan ini merupakan amanah RPJMN yang diberikan kepada Ombudsman untuk pelaksananaannya.
“Dengan penilaian itu, pemerintah bisa mengukur dimensi input, proses, output, dan pengaduan dalam mengukur penyelenggaraan pelayanan publik,” tutur Mahfud.
Baca: Ombudsman Sulteng Sebut Potensi Maladministrasi Seleksi Pimpinan OPD
Komentar