Badan Sakit Semua, Ini 11 Cara Mengatasinya

banner 468x60

gNews.co.id – Badan sakit semua bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kelelahan, infeksi bakteri atau virus, cedera, konsumsi obat-obatan tertentu, atau penyakit autoimun. Rasa sakit yang muncul di seluruh tubuh juga bisa disertai dengan demam, lelah, lemas, atau menggigil.

Rasa sakit tersebut sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh sedang bekerja melawan penyakit atau kelelahan. Makin keras tubuh bekerja, makin parah pula sakit yang dirasakan. Namun, untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi badan sakit semua.

Beberapa Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :

1. Mengonsumsi lebih banyak cairan

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air bisa menjadi cara mengatasi badan sakit semua. Pasalnya, tubuh membutuhkan cairan agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk melawan infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan munculnya rasa sakit di seluruh badan.Selain itu, tubuh yang terhidrasi akan membuat otot tetap lentur dan mencegah kram.

Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan harian dengan mengonsumsi air putih, sup, teh, kaldu, atau buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, dan stroberi.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat menenangkan otot yang tegang dan meredakan nyeri otot. Cara ini efektif untuk mengatasi badan sakit semua dan membantu tubuh merasa lebih rileks.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan garam Epsom dalam bak mandi, lalu berendam setidaknya selama 12 menit. Magnesium dalam garam Epsom akan diserap tubuh dan mengurangi nyeri.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat mengendurkan otot tegang yang memicu badan sakit semua. Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi.

Agar mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, Anda bisa menerapkan sleep hygiene.

4. Menyelimuti tubuh dengan selimut

Sama seperti mandi dengan air hangat, menyelimuti tubuh dengan selimut juga akan memberikan sensasi hangat yang membantu mengurangi rasa sakit. Cara mengatasi badan sakit semua yang satu ini juga efektif untuk meredakan nyeri akibat radang sendi atau nyeri otot yang hebat.

5. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang diketahui dapat mengurangi rasa sakit pada penderita neuropati diabetik, nyeri otot setelah berolahraga, dan skiatika.

Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen, teh, atau menambahkannya sebagai bumbu masakan untuk mengatasi badan sakit semua.

6. Mengoleskan minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial, seperti minyak peppermint atau minyak lavender, dapat digunakan untuk mengatasi badan sakit semua. Minyak ini akan meredakan nyeri otot dan membuat tubuh menjadi rileks.

Anda cukup mencampurkan 3 tetes minyak esensial dengan 3 tetes minyak kelapa, lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Komentar