OJK Ingatkan Cepat atau Lambat Badai Ekonomi Melanda Dunia

banner 468x60

gNews.co.id – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar mengingatkan perfect storm alias badai sempurna berpotensi melanda dunia ke depannya.

Kalau kita lihat kondisi ekonomi global saat ini memang sudah seperti layaknya badai. Hanya memang banyak yang bertanya apakah ini angin topan atau perfect storm. Nampaknya perfect storm yang akan ada probabilitasnya ke depan,” ungkap Mahendra pada BNI Investor Daily Summit 2022 dilansir kantor berita Antara di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Dalam konteks ekonomi global, perfect storm merupakan tiga permasalahan yang menjadi satu, yaitu inflasi tinggi yang menyebabkan beberapa negara maju mengalami inflasi tertinggi dalam 30-40 tahun atau sepanjang sejarah perekonomian, resesi baik secara teknis atau efektif, serta kondisi ketidakpastian yang luar biasa yaitu geopolitik.

Menurutnya, aspek ketidakpastian sejak dahulu sampai sekarang sebenarnya tidak diajarkan dalam teori ekonomi karena bukan bagian dari ekonomi.

Namun ternyata saat ini faktor tersebut justru menjadi penyebab terbesar guncangan global.

Meski begitu, lanjutnya, tiga permasalahan tersebut masih belum bisa dipastikan berapa lama waktunya dan berapa besar dampaknya. Tetapi yang pasti terjadi, perfect storm akan datang cepat atau lambat.

Dalam perspektif OJK sebagai regulator dan bagian dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, pihaknya tidak hanya sekedar mencermati dan menyesali ketidakpastian yang yang ada. Tetapi justru melakukan pembahasan, koordinasi, dan kolaborasi, untuk dapat memitigasi, termasuk dengan langkah-langkah stress test terhadap skenario yang mungkin terjadi.

Komentar