PETI Lobu Moutong Masih Beroperasi, Tim Polda Sulteng Belum Beraksi?

gNews.co.id – PETI di Desa Lobu Kabupaten Parigi Moutong hingga saat ini belum tersentuh Polda Sulteng.

Penindakannya semacam isapan jempol belaka, sebab aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Lobu, Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga saat ini ditengarai masih berjalan.

Meskipun Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng menyatakan akan segera menindak PETI di Lobu Moutong tersebut.

Seperti yang ditegaskan Ditkrimsus Polda Sulteng, Kombes Pol Bagus Setiawan kepada tim media saat dikonfirmasi via pesan aplikasi WatsApp (WA), Kamis (27/5/2024).

“Siap bang segera kami tindaklajuti, terima kasih informasinya,” tegas Kombes Pol. Bagus Setiawan.

Sepertinya Polda Sulteng tak main-main untuk memberantas PETI di wilayah Sulteng, salah satunya yang kini ramai jadi sorotan adalah PETI di Desa Lobu, Kecamatan Moutong.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Krimsus) Polda Sulteng, Kombes Pol. Bagus Setiawan yang dikonfirmasi tim media terkait kapan rencana untuk melakukan penertiban.

Ia menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sementara membentuk tim yang akan diturunkan ke lokasi tambang elegal di Desa Lobu.

“Siap bang segera, ini kami lagi persiapan untuk timnya,” ujar Kombes Pol. Bagus Setiawan melalui pesan WA kepada tim media Jumat (31/05/2024).

Sebelumnya, Ditkrimsus Polda Sulteng ini juga telah menyampaikan bahwa pihaknya agar segera melakukan tindakan dalam waktu dekat.

Bahkan saat didesak kapan dilakukan penertiban, Dirkrimsus Polda Sulteng ini juga menjawab dengan lantang.

“Siap bang segera mungkin kita tindaklanjuti,” tandasnya.

Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Agus Nugroho saat dikonfirmasi terkait aktivitas tambang ilegal di Desa Lobu sudah menyampaikan bahwa pihaknya agar segera melakukan penindakan.

“Terima kasih atas informasinya, segera kita tinjut (tindak lanjut) dan mohon dukungan serta kerjasamanya selalu, sehat dan sukses selalu,”ujar Kapolda Irjen Pol. Agus Nugroho melalui pesan WA kepada wartawan, Senin (27/05/2024).

Baca: PETI di Lobu Parigi Moutong Ancaman Petaka di Depan Mata, Mengapa Polda dan Gakkum Enggan Bertindak?

Komentar