BBM Irit Campur Minyak Kayu Putih? Antara Riset dan Penjelasan Ahli

banner 468x60

gNews.co.id – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite harganya naik dari Rp 7.6000 menjadi Rp 10.000 ribu per liter.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022), sejumlah metode ilmiah dan riset dilakukan untuk bisa hemat dengan cara pakai cairan minyak kayu putih, apa benar?

Kendati demikian, meski penggunaan minyak kayu putih sebagai aditif pada BBM ini juga sudah dijadikan thesis oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang.

Riset minyak kayu putih dicampur BBM

Riset itu ditulis Iwan Prasetyo Utomo dari Universitas Islam Malang pada 2017 dengan judul ‘Pengaruh campuran minyak kayu putih pada Pertalite terhadap kinerja motor bensin Honda Supra X 125 R’.

Iwan mengatakan dalam bagian abstrak, hasil riset membuktikan pengaruh pencampuran aditif minyak kayu putih pada bahan bakar Pertalite terhadap peforma motor bakar, konsumsi motor bakar dan emisi gas yang dihasilkan.

Secara umum akumulasi zat aditif minyak kayu putih membuktikan revisi performa di antara lain torsi serta energi yang dihasilkan lebih baik.

Dalam karya ilmiah tersebut dijelaskan, dengan menambahkan zat aditif minyak kayu putih sebesar 4 ml dalam 1 liter bensin dapat menaikkan performa motor bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar.

Ahli dari ITB menjelaskan efek penggunaan minyak kayu putih untuk menghemat Pertalite.

Baca: Dominasi ONIC dihancurkan, RRQ Hoshi raih tiket M4

Komentar