Kain Tradisional Indonesia Segera Promosi di Qatar

banner 468x60

gNews.co.id – Kain tradisional Indonesia yang didesain menjadi produk fesyen modern dipromosikan di Qatar melalui peragaan busana “Wastra Nusantara”: The Journey to Indonesian Fashion yang diselenggarakan di Doha pada 30-31 Oktober 2022.

Menurut Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan, fesyen Indonesia mempunyai kesempatan untuk berkembang di Qatar seiring pesatnya pasar fesyen di Qatar yang didorong kemajuan ekonomi negara tersebut.

Ini bisa dilihat di pusat-pusat perbelanjaan di Qatar, di mana berbagai merek fesyen global sangat mudah ditemui.

“Karakter dunia fesyen Qatar yang memadukan unsur modernitas tetapi tidak meninggalkan sisi tradisional, yang diinspirasi nilai keagamaan yang kental, juga membuka peluang kolaborasi di antara pelaku industri fesyen kedua negara,” kata Ridwan dalam keterangan tertulis KBRI Doha, Rabu (2/11/2022).

Untuk memperkenalkan potensi fesyen Indonesia dengan menampilkan keunikan kain tradisional Indonesia, KBRI bekerja sama dengan tiga desainer terkemuka, yaitu Mel Ahyar, Danjyo Hiyoji, dan Eridani.

Ketiganya berkolaborasi dengan Yayasan Cita Tenun Indonesia, yang telah lama berkecimpung dalam pengembangan dan pelestarian kain-kain Nusantara, dan Rumah Tenundari, perwakilan pelaku usaha fesyen Indonesia.

Dengan ciri khasnya masing-masing, ketiga perancang tersebut memadukan berbagai kain tradisional Indonesia menjadi karya-karya busana yang memikat lebih dari 100 orang yang hadir dari kalangan industri fesyen, perancang busana, pemengaruh fesyen, dan kalangan umum di Qatar dalam peragaan busana dan pameran selama dua hari tersebut, menurut keterangan KBRI.

Komentar