Keruk Tanah RI, Menjadi orang ke 3 Terkaya di Dunia

banner 468x60

gNews.co.id – Keberuntungan bagi Gautam Adani di tahun 2022. Pasalnya di tahun itu, ia resmi menyandang gelar centi-billionaire atau orang terkaya dengan jumlah lebih dari US$ 100 miliar.

Menyandang predikat tersebut, ia resmi menjadi orang terkaya di Asia dan peringkat ketiga di dunia setelah Bernard Arnault dan Elon Musk.

Terjadi peningkatan tajam kekayaannya dalam dua tahun terakhir.

Dikutip dari Forbes Real Time Billionaire , Pemilik Adani Group tersebut diperkirakan memiliki kekayaan bersih US$ 116,7 miliar atau setara dengan Rp 1.809 triliun (kurs Rp 15.500/US$). Dan, Bloomberg Billionaire Indeks juga menempatkan Adani sebagai taipan terkaya di Asia dengan harta US$ 110 miliar (Rp 1.705 triliun).

Kekayaan Adani meningkat tajam sejalan dengan peningkatan harga komoditas yang terjadi akibat perang Rusia-Ukraina. Tahun lalu kekayaannya memang sudah fantastis atau tercatat sekitar US$ 75 miliar, tapi masih berada belakang Mukesh Ambani pemilik Reliance Industri.

Dengan diversifikasi bisnis yang dimilikinya, ia lebih mudah menambah kekayaan jika salah satu sektornya meroket.

Berbeda dengan Ambani yang kekayaannya terkonsentrasi di satu perusahaan, Adani tercatat setidaknya memiliki enam perusahaan dengan valuasi lebih dari 1 triliun rupee atau setara dengan Rp 190 triliun (kurs Rp 190/rupee), yang mana beberapa dari perusahaan tersebut mencatatkan kinerja saham yang luar biasa tahun ini.

Baca : ORI Sulteng Terima Laporan Dugaan Pelanggaran BUMN dan Kementrian ATR

Harga saham perusahaan yang tergabung dalam Grup Adani melonjak signifikan tahun ini, bahkan ada yang tercatat naik hingga ratusan persen. Saat ini terdapat sembilan perusahaan publik di India yang masuk dalam Grup Adani, meningkat dari semula enam perusahaan.

Komentar