Penyakit Jantung Termasuk Penyakit Keturunan? Ini Faktanya..!

banner 468x60

gNews.co.id – Penyakit jantung sering kali dikaitkan sebagai penyakit keturunan. Sebenarnya penyakit jantung ada banyak macamnya. Jenis gangguan jantung yang paling dikenal dan dikaitkan sebagai penyakit keturunan adalah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah koroner yang memberikan aliran oksigen dan nutrisi bagi sel-sel otot jantung mengalami penyempitan akibat plak alias aterosklerosis. Kondisi ini memicu terjadinya serangan jantung.

Lalu, mengapa penyakit jantung koroner disebut sebagai penyakit jantung keturunan? Baca tuntas ulasan di bawah ini, ya!

Kapan Seseorang Dikatakan Memiliki Keturunan Penyakit Jantung Koroner?

Timbunan plak terbentuk akibat tingginya kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan kerusakan struktur mikro pembuluh darah yang dipicu oleh zat oksidatif tembakau. Plak pemicu aterosklerosis juga bisa terbentuk karena kondisi gula darah serta tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Salah satu faktor tersebut dapat mempercepat proses penuaan alami pembuluh darah, pengapuran, dan pembentukan plak. Namun, apa yang membuat percepatan kerusakan pembuluh darah ini tidak dialami setiap orang?

Beberapa orang mengidap tekanan darah tinggi dan pembuluh darahnya sudah mengalami penyempitan parah akibat plak. Sebaliknya, ada orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak terkontrol, tetapi penyempitan pembuluh darahnya tidak separah orang lain.

Nah, perbedaan kondisi ini dipengaruhi oleh faktor genetik. Faktor genetik memengaruhi respons sel-sel tubuh terhadap faktor luar yang mempercepat pertumbuhan plak dan kerusakan pembuluh darah.

Komentar