Tanam Jagung Perdana, Dandim Sebut untuk Program Ketahanan Pangan

banner 468x60

gNews.co.id – Guna mendukung program ketahanan pangan setelah pandemi, Komandan Kodim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf Dony Gredinand melakukan penanaman jagung perdana di lokasi  lahan Demplot Kodim 1308/LB, lapangan tembak Kodim di Desa Saimbongin, Kecamatan Nambo Kabupaten Banggai, Kamis, (01/09/2022).

Lahan demplot atau demontrasi plot merupakan suatu metode penyuluhan pertanian kepada kelompok tani, dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan. Penanaman di lahan demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru, pemupukan dan lain – lain yang disesuaikan dengan geografi wilayah tersebut.

Pada kesempatan tersebut Dandim Letkol Inf Dony Gredinand menyampaikan bahwa mereka tengah melaksanakan penanaman jagung hibrida di lahan seluas kurang lebih 2 Ha yang berada di Desa Saimbongin.

“Jagung merupakan salah satu jenis tanaman bernilai ekonomis tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu diperhatikan perawatanya,” ujar Letkol Inf. Dony Gredinand.

Ia mengatakan sesuai dengan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk mengadakan ketahanan pangan di lahan lahan tidur.

Yang selama ini potensi seharusnya kita kelola bersama-sama dan kami mendapat tugas langsung melalui Bapak Kasad,” katanya.

Oleh karena itu lanjut, <span;>Dony Gredinand pihanya <span;>memanfaatkan lahan tidur di wilayah tersebut untuk dibuka dan diolah menjadi lahan demplot pertanian, dengan menjalin kemitraan bersama Dinas Pertanian dan kelompok tani masyarakat, guna lebih menguatkan ketahanan pangan ke depannya.

Semoga tanaman jagung di lahan demplot tersebut dapat membawa dampak positif di lingkungan masyarakat. Terutama dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bercocok tanam para petani.

“Sehingga ke depannya produktivitas tanaman jagung di wilayah ini semakin meningkat,” jelas Letkol Dony Gredinand. BB

Komentar