Tim Pengawas dan Audit Itdam Merdeka Gelar Pemeriksaan di Korem 132 Tadulako

banner 468x60

gNews.co.id – Komandan Komando Resor Militer (Korem) 132 Tadulako, Brigjen TNI Toto Nurwanto didampingi para Kasi Kasrem, Dandim 1306/KP bersama Kasat Disjan Korem 132 Tadulako, dan para perwira Korem 132 Tadulako menyambut kedatangan Tim Pengawas Pre dan Current Audit dari Itdam XIII Merdeka di ruang Puskodal aula Songgolangi Makorem 132, Senin (29/8/2022).

Dalam rilis Penrem 132 Tadulako, acara taklimat alias komunikasi awal disampaikan adalah dalam rangka pengawasan Pre dan Current Audit Itdam XIII/Mdk Triwulan III Tahun Anggaran (TA) 2022,.

Tim Pre dan Current Audit Itdam XIII/Mdk sebagai penanggung jawab Irdam, Brigjen TNI Denny R.I. Masengi, Pengendali Tim,  Kolonel Arh Djonlie R. Kaligis, S.Pd, Ketua Tim, Kolonel Inf Ryan Haryawan., Sekertaris Tim, Letkol Inf Yefta Sangkakala, Tim Auditor, Letkol Inf Sinyo Sonny, dan Letkol Cku Didin Saepudin.

Danrem 132 Tadulako, Brigjen TNI Toto Nurwanto dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Current Audit Itdam XIII/Mdk.

Di mana hari ini akan memulai kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan di Korem dan jajaran Korem 132 Tadulako.

Menurut Danrem Toto Nurwanto, kegiatan Pre Current audit seperti ini pada hakekatnya sangat membantu setiap komponen dan unsur suatu organisasi agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara optimal, sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Yang lebih penting lagi adalah melalui mekanisme pengawasan Pre Current audit ini, Korem 132/Tdl dapat menyerap berbagai hal positif guna mewujudkan organisasi Korem 132/Tdl lebih maju dan profesional,” tutur Danrem Toto.

Ia menegaskan kepada setiap staf dan satuan jajaran Korem 132 Tadulako untuk memberikan keterangan yang diperlukan dan bersikap terbuka terhadap masukan dari Tim Pre Current Audit Itdam XIII/Mdk.

Ia mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada Tim Pre Current Audit, sekiranya dalam pemeriksaan nantinya jika ditemukan kekurangan, Danrem Toto berharap satuan yang bersangkutan dapat diberikan arahan serta cara penyelesaian terbaik.

“Sehingga sutuan tersebut dapat memahami kekurangannya dan segera dapat menindaklanjuti sebagaimana yang diharapkan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Irdam XIII/Mdk, Brigjen TNI Denny Masengi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pengawasan merupakan salah satu fungsi menajemen yang harus dilaksanakan mulai tahap perencanaan.

Kegiatan berlangsung tersebut sebagai sarana pengendalian pimpinan dalam suatu organisasi.

Implementasinya di lingkungan Kodam XIII/Mdk dilaksanakan oleh Itdam XIII/Mdk sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), sesuai tugas pokoknya yaitu membantu Pangdam XIII/Mdk dalam menyelenggarakan pengawasan kinerja.

“Perbendaharaan dan khusus terhadap organisasi di jajaran Kodam XIII/Mdk dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok dan tugas bantuan Kodam XIII/Mdk,” jelas Brigjen TNI Denny.

Tujuan pengawasan adalah mewujudkan ketaatan dan ketertiban terhadap aturan yang berlaku, tercapainya efektivitas, efisiensi dan ekonomis atau 2K3E, serta mewujudkan Good Government dan Clean Government.

Dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan Pengawasan Pre dan Current Audit kali ini, Irdam XIII/Mdk berharap agar terciptanya suasana kerja yang harmonis, saling terbuka, saling percaya, dan menjalin komunikasi yang baik.

“Pada dasarnya kita semua merupakan komponen dari satu sistem organisasi Kodam XIII/Mdk yang sama-sama mempunyai tanggung jawab terhadap Kodam XIII/Mdk sesuai bidang tugas masing-masing,” katanya.

Selanjutnya, Tim Pengawasan Pre dan Current Audit Itdam XIII/Mdk melaksanakan pemeriksaan pada etiap staf Makorem 132 Tadulako, kemudian akan dilanjutkan ke semua Satuan jajaran Korem 132 Tadulako. BB

Komentar