Indo Defense 2022, Prabowo Angkat Indonesia di Mata Dunia

banner 468x60

Oleh: Alif Assaidy

Indonesia negara kuat. Indonesia pantas disegani di pentas global. Bukan hanya soal kekayaan alamnya yang melimpah, tetapi juga sektor militernya yang hebat. Jangan pernah pandang sebelah mata kekuatan Indonesia.

Inilah pesan tersirat sekaligus misi terdalam Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di balik pameran Indo Defense 2022. Setidaknya ini terlihat dari pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) bertema “peace, prosperity, and strong defence” ini.

Prabowo sebagai sosok yang sudah malang-melintang di dunia militer sadar betul betapa pentingnya kekuatan militer bagi sebuah bangsa. Dengan kekuatan militer, sebuah bangsa akan dihormati dan disegani negara lain. Tak akan ada yang berani memandang rendah atau bahkan menghina Indonesia.

Maka, tak heran jika pameran ini menjadi salah satu pameran Alutsista terbesar di dunia. Lebih dari 900 perusahaan luar dan dalam negeri turut serta di dalamnya. Ini dengan rincian: 158 perusahaan dari dalam negeri dan 740 perusahaan luar negeri. Sebanyak 59 negara berpartisipasi di dalamnya. Sebanyak 31 negara mengirimkan perwakilan delegasi, bahkan turut hadir juga menteri pertahanan, wakil menteri pertahanan, dan panglima pasukan pertahanan dari luar negeri sebanyak 21 pejabat.

Ada beberapa alasan, kenapa pameran alutsista ini diadakan. Pertama, Menhan Prabowo ingin agar Indonesia menjadi negara yang disegani secara militer. Dengan militer yang kuat, negara lain juga akan hormat kepada Indonesia. Dengan kekuatan militer yang kuat, maka Indonesia akan dipandang sebagai negara hebat dan di sinilah kedaulatan sebuah bangsa akan semakin terangkat

Kedua, adalah upaya membuka mata dunia. Jauh sebelum kemerdekaan, Indonesia selalu menjadi tujuan para pelancong dunia. Dari mulai mereka yang sekadar travelling hingga yang punya niat buruk, yakni melakukan penjajahan. Dari mereka yang ingin menghirup udara segar di bumi pertiwi ini, sampai mereka yang hendak mengeruk isi bumi dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki negara ini. Mereka memiliki semboyan 3G yakni Gold (mencari kekayaan dengan berdagang), Glory (mencari kejayaan dengan meluaskan daerah jajahan), dan Gospel (menyebarkan agama Nasrani). Dalam sejarah, terdapat 4 bangsa Eropa yang pernah datang ke Nusantara dengan tujuan tersebut, yakni Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda.

Baca: Mau Tahu Tingkatan Libido dan Faktor Pengaruhnya? Ada Ransangan Sensorik

Komentar