Ini Ikan Asal Banggai Bersaudara Jadi Kebanggaan Nasional

banner 468x60

gNews.co.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Wagub), Ma’mun Amir membuka kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Aksi Nasional Konservasi, Ikan Capungan Banggai Tahun 2022 – 2026 di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Rabu (14/09/2022).

Pada kesempatan tersebut, Wagub Ma’mun mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Konsultasi Publik ini, Cardinal Fish atau Ikan Capungan Banggai (Pterapogon kauderni).

Di mana ikan ini merupakan ikan hias asli Indonesia, dan hanya ditemukan di perairan Banggai Sulteng, karena keunikan dan keendemikan yang dimilikinya penting.

“Untuk itu dipertahankan dan dilestarikan, mengingat ikan ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi,” ujar Wagub Ma’mun.

Baca: Antisipasi Banjir, Wagub Perintahkan Segera Normalisasi Sungai di Banggai

Banggai Cardinal Fish ini, kata dia harus dipertahankan karena merupakan ikan kebanggaan daerah khususnya Banggai bersaudara, di antaranya Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai Laut.

“Ikan jenis ini hanya ada di wilayah Banggai dan saya mengetahui benar di mana ditemukan bulu babi maka ditempat itu pasti ada Banggai Cardinal Fish,” ungkapnya.

Komentar