Ini Penyebab Gigi Ngilu Saat Makan Makanan Manis

banner 468x60

gNews.co.id – Ngilu merupakan rasa yang sering muncul jika terdapat gigi yang berlubang. Ngilu tersebut terjadi karena kondisi gigi yang lebih sensitif, akibat jarak antara lubang gigi dengan saluran akar yang sudah dekat.

Penyebab rasa ngilu yang banyak diketahui, yaitu apabila mengonsumsi sesuatu yang dingin dan panas. Tetapi, rasa manis nyatanya juga dapat memicu gigi ngilu.

Kira-kira, apa penyebab gigi ngilu saat makan makanan manis? Bagaimana cara menangani keluhan tersebut?

Penyebab Gigi Ngilu Saat Makan Makanan Manis

Rasa ngilu merupakan respons yang muncul akibat saraf yang ada di dalam saluran akar terstimulasi.

Lapisan gigi sebelum mencapai saluran akar, yakni lapisan dentin, memiliki suatu pori-pori yang sangat kecil. Pori-pori tersebut dinamakan dengan tubuli dentinalis.

Apabila tubuli dentinalis terkena suatu rangsang dalam bentuk gerakan atau tekanan, maka akan masuk ke dalam pori-pori tersebut dan mencapai saraf yang ada di dalam saluan akar.

Makanan dan minuman manis akan menurunkan kadar keasaman atau pH dalam rongga mulut. Ketika rongga mulut dalam kondisi asam, tubuli dentinalis tersebut akan mengalami pelebaran.

Dengan makin lebarnya tubuli dentinalis, membuat rangsangan tersebut dengan cepat masuk ke saluran akar dan mengenai saraf. Alhasil, rasa ngilu tidak dapat terhindarkan. Itulah mengapa rasa ngilu pada gigi bisa muncul saat makan makanan manis.

Komentar