Bakal Dibentuk di Poso Majelis Ta’lim Asybaalul Khairaat

banner 468x60

gNews.co.id – Habibana Ali Al Jufri mengamanatkan kepada pengurus Alkhairaat di Kabupaten Poso untuk segera membentuk Majelis Ta’lim Asybaalul Khairaat.

Hal itu disampaikan langsung oleh mantan Ketua Komda Alkhairaat Poso Ibrahim Ismail, S.Ag M.HI dalam acara silaturahmi dan persiapan pembentukan Majelis Ta’lim Asybaalul Khairaat, belum lama ini di kediamannya, Jalan Angrek, Kelurahan Moengko Baru, Kecamatan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso.

Dijelaskan, bahwa Majelis Ta’lim Asybaalul Khairaat bertujuan mendorong dan mengawal serta mengembalikan semangat warga Alkhairaat dalam hal pendidikan.

Diketahui bersama, bahwa cita cita Alkhairaat antara lain membangun pendidikan mulai dari PAUD hingga ke perguruan tinggi.

“Kita melihat ada yang mulai terlupakan dan sulit untuk dikembangkan kembali. Yaitu, Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA). Padahal MDA itu merupakan kekuatan atau roh awal dari berkembangnya madrasah madrasah di Alkhairaat sesungguhnya,” jelas Gus Im sapaan karib Ustad Ibrahim.

Bahkan lanjut Gus IM, pendiri Alkhairaat Al Habibana Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri dalam membangun Alkhairaat itu diawali dengan mendirikan MDA.

“Sehingga kehadiran Asybaalul Khairaat nantinya, selain membangun pesantren, mendirikan majelis ta’lim, juga membantu Komda Alkhairaat dalam pengembangan Alkhairaat itu sendiri,” imbuhnya.

Secara khusus, kata Gus IM belum ada penunjukan siapa yang nantinya akan memimpin majelis tersesbut. Namun jika disepakati harus hadir di Kabupaten Poso, maka abnaul khairaat diberi ruang untuk mengusulkan dan selanjutnya akan ditetapkan oleh Al Habibana Ali Aljufri selaku pembina sekaligus ketua Majelis Asybaalul Kahairaat.

“Saya kira ini sebagai informasi awal, mudah mudahan hal ini bisa menjadi bagian yang harus kita pikirkan bersama demi masa depan kita dalam menjaga marwah lembaga Alkhairaat yang memang sudah ada di daerah kita ini,” tukasnya.

Untuk diketahui, Majelis Ta’lim Asybaalul Khairaat diambil dari salah satu syair Guru Tua, yang berarti singa singa muda Alkhairaat. Syair itu di kenal dengan baik sebagai seruan terhadap anak anak muda Alkhairaat hingga dijadikan sebagai nama organisasi.

Komentar