Kadin Dorong Peningkatan Kerja Sama Indonesia – Palestina di Sejumlah Bidang

banner 468x60

gNews.co.id – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid menilai kerja sama dagang Indonesia dan Palestina perlu diperluas dan diperkuat agar semakin mendorong pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Menurut Arsjad, hubungan dagang kedua negara dapat ditingkatkan melalui komunikasi yang intens bersama Federation of Palestinian Chambers of Commerce, Industry and Agriculture (PCCIA) dengan fokus pada di bidang teknologi digital, UMKM, pertanian, industri marmer, industri pariwisata rohani dan pengembangan SDM.

“Dukungan yang konsisten dari pemerintah Indonesia terhadap Palestina sejak negara tersebut mendeklarasikan kemerdekaan, perlu diperluas dengan kerja sama dagang yang sifatnya nonblok, inklusif, dan berkelanjutan. Keberpihakan pada nilai-nilai perdamaian dan kemanusiaan merupakan landasan yang kokoh dalam mengimplementasikan kerja sama dagang tersebut,” ujar Arsjad dalam keterangan di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Palestina Mohamad I M Shtayyeh di Jakarta, Selasa (25/10), Arsjad juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi upaya Palestina untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, di tengah komplikasi masalah yang sedang dihadapi.

Selain tantangan geopolitik yang belum berakhir, menurutnya pengakuan dunia internasional yang berdampak pada hubungan bilateral, pandemi juga turut mempengaruhi aktivitas ekonomi negara tersebut.

Pada 2021 lalu, Palestina mencatat nilai perdagangan sebesar 1,5 juta dolar AS atau menurun dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar 3,6 juta dolar AS karena komplikasi masalah tersebut.

Baca: Kadin Tegaskan Kenaikan UMP Sesuai Aturan, Shinta: Kenaikan UMP Kita Ikuti PP 36/2021

Komentar