Kota Palu Masuk Kategori Percontohan Kota Ramah Keluarga

banner 468x60

gNews.co.id – Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah berhasil masuk dalam kategori sembilan kota di Indonesia yang menjadi percontohan Kota Ramah Keluarga.

Hal ini merupakan hasil pertemuan pada pelatihan program Kota Kita Ramah Keluarga yang digagas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) bekerjasama dengan Yayasan DEMI KITA di Kota Bogor belum lama ini.

Berkaitan dengan hal tersebut Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP bersama DP3A Kota Palu, dan BKKBN Sulteng menemui langsung Wali Kota di ruang kerjanya pada Senin, 06 Februari 2023.

Wali Kota Hadi menyambut positif prestasi ini seraya berharap agar program-program berkaitan dengan Kota Ramah Keluarga benar-benar di realisasikan dengan indikator-indikator yang jelas dan mengetahui capaian targetnya.

“Saya mau betul-betul diterapkan dan dilaksanakan, dan kemudian yang menjadi indikator-indikator capaian itu harus jelas,” ujarnya.

Ia menyarankan agar final projek program Kota Palu Ramah Keluarga dipilih beberapa kelurahan terlebih dahulu, agar lebih mudah tercapai dengan maksimal.

“Jelas seluruh kelurahan pasti harus, hanya saja harus ada yang menjadi final project, karena jika tidak ada maka tidak akan ada yang bisa difokuskan, entah lima kelurahan, karena kita berbicara tentang serapan atau alokasi penguatan yang akan kita kawal, jika langsung semuanya akan sulit, kemudian dari lima kelurahan itu berhasil, baru bergeser. Makanya perlu target waktu pencapaiannya dan indikator-indikator penilaiannya itu seperti apa harus jelas ukurannya,” jelasnya.

Adapun indikator daripada program Kota Ramah Keluarga itu yakni terkait penurunan angka perceraian, penurunan angka pernikahan anak, penurunan angka kekerasan pada anak, terpenuhinya hak-hak anak, dan penurunan angka stunting.

Baca Juga: Wakili Indonesia, Kedua Siswa Asal Palu Ini Diberi Penghargaan oleh Wali Kota

Komentar