Gelar Net Zero Summit, Ketua Kadin: Tidak Mudah Mewujudkan Nol Emisi Karbon

banner 468x60

gNews.co.id – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) melalui KADIN Net Zero Hub menyelenggarakan Net Zero Summit 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Jumat untuk membahas urgensi, tantangan, peluang, bagi perusahaan regional-global dalam dekarbonisasi.

Acara Net Zero Summit 2022 dengan tema “Industrial Decarbonization at All Cost” ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Business 20 (B20) Summit 2022, yang merupakan forum dialog resmi G20 dengan komunitas bisnis global, yang mencakup sekitar 2.000 peserta yang mewakili lebih dari 6,5 juta bisnis

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Arsjad Rasjid dalam sambutannya menyerukan bahwa semua kalangan industri harus mengubah cara mereka melakukan bisnis dengan fokus pada pengurangan emisi karbon atau dekarbonisasi.

“Perusahaan butuh mengubah cara mereka melakukan bisnis. Di sisi lain perusahaan butuh regulasi yang kondusif yang bisa diakses industri. Dibutuhkan penggunaan energi bersih dan pembiayaan untuk mendukung dekarbonisasi industri,” jelas Arsjad di Bali, Jumat (11/11/2022).

Dia mengatakan diperlukan gotong-royong dan kolaborasi inklusif untuk memastikan tidak ada perusahaan yang tertinggal dalam upaya pengurangan emisi karbon.

“Tidak mudah mewujudkan nol emisi karbon. Saya berharap Net Zero Summit ini bisa mengakselerasi dekarbonisasi industri, tidak hanya bagi perusahaan di Indonesia tapi juga global,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KADIN Net Zero Hub Muhammad Yusrizki dalam keterangannya mengatakan Net Zero Summit 2022 yang diselenggarakan oleh pihaknya, diikuti 700 peserta dari 30 negara dan 20 industri, yang membahas hal-hal terkait dengan urgensi, tantangan, peluang, dan ajakan bertindak bagi perusahaan regional dan global untuk mendekarbonisasi industri.

Dia menyampaikan, dengan kian banyaknya narasi seputar perubahan iklim dan dampaknya pada setiap aspek kehidupan, terdapat urgensi yang semakin besar untuk membawa pentingnya dekarbonisasi industri Indonesia.

“Dekarbonisasi industri adalah jalan yang harus diambil oleh bisnis dan industri untuk mengurangi jejak karbon secara signifikan. Kolaborasi dan kerjasama yang kuat penting untuk menjawab tantangan global perubahan iklim,” jelas Yusrizki.

Baca: kadiKadin Dorong Peningkatan Kerja Sama Indonesia – Palestina di Sejumlah Bidang

Komentar