Kades Oyom tak Dilibatkan Pembentukan 22 Koperasi, Sekdis: PT SMS tidak Pernah Melapor ke Dinas

banner 468x60

gNews.co.id – Kepala Desa Oyom, Ali Munde mengaku tidak pernah dilibatkan dalam pembentukan 22 koperasi binaan atau mitra PT Sulteng Mineral Sejahtera (SMS).

Hal itu dikemukakan pada acara diskusi yang digagas Ketua Mining Community Center, Andi Ridwan Batara Guru di salah satu cafe di Kota Palu, Senin (12/12/2022) malam.

Kades Ali Munde mengungkapkan di Desa Oyom, Kecamatan Lampasio, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) hanya ada satu koperasi yang resmi berbadan hukum atau memiliki akta dan surat kelengkapan lainnya, dan koperasi ini tidak memiliki hubungan kerja sama dengan PT SMS.

Sementara, Sekertaris Dinas Koperasi dan UMKM Tolitoli, Muh. Sazuli pada Selasa (14/12/2022) membenarkan penyampaian soal pembentukan koprasi di bawah naungan PT SMS yang sampai saat ini belum mengetahui secara pasti berapa koprasi yang terbentuk.

Sebab, dari pihak PT SMS tidak pernah melapor ke dinas. Kala itu, dari PT SMS mengundang dinas koprasi hanya sekedar sosialisasi perkoprasian.

“Masalah pembentukan Dinas Koperasi tidak dilibatkan, sehingga kita tdk mengetahui sudah berapa koperasi di bawah naungan PT SMS,” katanya.

Namun, pada Rabu (14/12/2022), Sekdis Koperasi dan UMKM Tolitoli ini mengaku telah mendapatkan data terbaru terkait 22 koperasi binaan PT SMS.

“Iya benar yang di WA. Tapi kami sudah dapat data terbaru bahwa semua koperasi itu ada. Datanya ada sama Pak Sahar,” ujar Muh. Sazuli.

Baca: Kades Oyom Diminta Segera Laporkan PT SMS ke Ombudsman, Sofyan Farid: Ini Bisa Pintu Masuk Tindak Pidana Pertambangan

Komentar