Manfaat Buah Bit untuk Jantung hingga Membangun Kekuatan Otot

banner 468x60

Oleh: dr. Nadia Octavia

Buah bit memang tak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa buah berwarna merah ini memiliki banyak manfaat.

Kamu mungkin tidak begitu familier dengan buah bit. Buah ini memang jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Padahal, buah bit kaya zat gizi yang menyehatkan, termasuk untuk kesehatan jantung.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, buah bit mengandung kalium, fosfor, kalsium, zink, natrium, nitrat, serat, serta vitamin B1, B2, dan C. Selain itu, buah berwarna merah ini memiliki senyawa antioksidan dan antiradang yang baik untuk jantung.

Lalu, apa saja manfaat buah bit untuk jantung?

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Jantung

Terdapat beberapa khasiat buah bit untuk kesehatan jantung, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah bit mengandung senyawa bioaktif unik bernama betalains. Senyawa antiradang ini dapat menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu pengerasan arteri akibat penumpukan plak.

Aterosklerosis termasuk jenis peradangan di pembuluh darah pemicu penyakit jantung. Nah, betalains bisa membantu menurunkan risiko peradangan tersebut.

2. Menjaga Tekanan Darah Normal

Manfaat buah bit untuk pengidap penyakit jantung juga bisa mengontrol tekanan darah. Buah berwarna eksotis ini dapat membantu menjaga tekanan darah tetap berada di kisaran normal.

Menurut penelitian, setelah beberapa jam bit dikonsumsi, air raksa di alat pemeriksaan bisa turun sebanyak 4 sampai 10 milimeter. Artinya, tekanan darah jadi lebih rendah.

Dengan menurunkan tekanan darah, sistem kerja jantung menjadi normal dan lebih sehat.

3. Membangun Kekuatan Otot 

Pasien gagal jantung akan kehilangan kekuatan otot secara bertahap. Fungsi jantung yang tidak lagi optimal dalam mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh bisa mengurangi kekuatan otot.

Baca: 7 Jenis Telur Mengandung Omega-3 Perlu Anda Ketahui, Mana yang Lebih Tinggi Kadar Proteinnya?

Komentar